Rabu, 23 Maret 2016

Rekam Medis Online 1 Perkembangan Rekam Medis

Perkembangan Rekam Medis dari zaman Paleoliticum, Mesopotamia, China kuno

Pada Zaman Primitif  Paleoliticum  + 25000 SM
Dari sebuah penemuan para arkeolog di dinding gua batu di spanyol,  Fosil hewan purba Rachitis dan Osteotis . >tua dari kehidupan manusia Lukisan berwarna-warni yang berkilauan pada dinding Goa Old Stone Age ± 25000 SM penusukan bag.tbh hewan . 
Goa Paleolithic di Spanyol  di dapat peninggalan purba berupa lukisan mengenai tata cara praktek pengobatan, antara lain tentang amputasi jari tangan, yang diduga telah berumur 25.000 tahun.  Manusia telah mengenal pengobatan dengan menggunakan produk alam seperti : ramuan dedaunan, olesan tepung, bubur bedak serta diet makanan. Penyakit didasarkan atas peristiwa tabu yang terjadi, diantaranya berupa mimpi yang dialami, larangan yang dilanggar oleh si pasien. Sedangkan Diagnosa penyakit ditegakkan atas dasar masuknya roh jahat ke dalam tubuh si pasien. Semuanya ini tergantung pada si dukun yang kesurupan. Ramalan dan mantra si dukun menjadi prognosa penyakit.
Goresan, lukisan, ataupun lambang-lambang tulisan catatan yang menggambarkan tentang ilmu medis dan kesehatan belum spt catatan RMsaat ini. Walaupun wujudnya masih sangat primitif, catatan dulu mungkin hanya diperuntukkan bagi kepentingan pribadi si penulis ternyata menjadi suatu peninggalan penting yang mampu memberi informasi tak ternilai bagi kita tentang ilmu kedokteran beserta perkembangannya Sejak zaman dahulu “Records” khususnya Medical Records menduduki tempat yang penting di dalam ilmu kedokteran, di bidang pelayanan medis, sama pentingnya seperti obat di bidang pelayanan penyembuhan.
Pada Zaman Mesopotamia
Legislasi Pertama dari Perekam Medis. Pada zaman ini telah dikenal tulisan dalam bentuk Pictograph. Ada sekitar 30000 lempengan batu tertulis dysentri dan typhoid. Penyakit timbul karena kutukan para dewa
“HAMMURABI CODE”. .Kode Hammurabi ditulis pada Batu Diorits setinggi 2 meter, dan berasal dari zaman 1800-1700BC. (Iran tahun 1901- 1902 oleh seorang arkeolog Peancis) Legislasi Pertama dari profesi medis,  Kode tsbt mengandung 282 UU yg terbagi menjadi 10 kelompok klasifikasi
Pada Zaman Cina Kuno
Kaisar Huang Tie (2697 SM) Neiching, dijuluki dengan Kanon Pengobatan. Menggunakan alat tulis bambu dengan idiogram mirip heiroglyph. Isinya adalah semua darah di dalam tubuh dibawah kuasa jantung, dan sistem organ tubuh.
Dinasti Sung tahun 1241: Hsi Yuan Lu mengembangkan ilmu kedokteran Forensik untuk keperluan pengadilan. Kaisar Kian Lung (1644) : mewariskan ensiklopedia = 40 jilid buku The Golden Mirror of Medicine. Isinya metode pengobatan seperti : massage, operasi manipulasi dan seni pengobatan akupunktur, seni perabaan
Sebagai penemu kertas, bangsa Cina mempunyai sejarah panjang tentang reputasi para tabibnya (sinshe) dalam pengobatan tradisional. Mereka merekam praktik tradisional akupunktur, pengobatan dengan ramuan tumbuhan atau binatang tertentu pada gulungan kertas, kayu, bambu. Sinshe juga merekam ‘tanda sakit’ pasien pada model tubuh manusia (dummy) yang terbuat dari tembaga atau gading. Praktik rekaman melalui dummy juga dilakukan oleh bangsa Babylonia yang tabu membedah atau menyentuh pasien terutama wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar